Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Lebah Pemberani, Lebah yang Berani Mati



Sarang lebah maduApa pernah anda sebelumnya tersengat lebah? Apa yang ada rasakan, sakit, bagian yang tersengat menjadi bengkak, atau merasakan panas? Semua hal di atas mungkin pernah anda rasakan saat terserang lebah.


Lebah madu (honeybee) sebetulnya jarang menyengat, Lebah akan menyerang apa bila dia merasa terganggu atau merasa terancam baik sarang atau keberadaanya, jadi jangan heran saat anda mengganggu lebah atau sarangnya maka siap-siap anda menerima sengatan lebah tersebut. Tahukah kamu bahwa lebah madu yang menyengat kita akan segera mati karena jarum penyengatnya tertinggal dalam kulit manusia?


Mengapa gara-gara menyengat dia bisa mati?


Jawabnya, karena setelah menyengat, dia tidak hanya meninggalkan sengatnya pada kulit kita, tetapi juga sebagian dari saluran pencernaan (digestive tract), otot dan syarafnya tercerabut dari tubuhnya. Kerusakan usus yang masif inilah yang menyebabkan lebah tersebut mati (lihat pada foto). Mekanisme mempertahankan diri dari predator (pemangsa) dengan mengamputasi sebagian dari tubuhnya ini dinamakan dengan ‘autotomy’ (perhatikan pengejaannya bukan autonomy). Ada sejumlah satwa yang memiliki kemampuan autotomy diantaranya cicak, tokek, kadal, salamander, gurita (octopus), kepiting, lobster, dan laba-laba.


Yang sudah sering kita lihat fenomena autotomy ini adalah pada cicak. Bila dia akan diterkam oleh pemangsa lain, maka ekornya akan terlepas dari tubuhnya dan akan menggeliat-geliat beberapa saat untuk mengelabui pemangsanya. Cicak itu sendiri dapat lari menyelamatkan diri dengan aman. Ekor yang buntung itu akan tumbuh kembali (mengalami regenerasi) setelah beberapa minggu kemudian. Ekor yang baru ini biasanya mempunyai warna yang lebih pucat dibandingkan dengan warna tubuh asli si cicak.


Satwa lain yang mampu melakukan autotomy adalah gurita (octopus). Dia akan mengamputasi sendiri salah satu ‘belalai’nya bila terancam bahaya atau pada saat kawin (bereproduksi). Salah satu tentakel (‘belalai’) gurita jantan untuk membuahi akan terputus dan tertinggal pada tubuh gurita betina. Tidak menjadi soal bagi sang gurita jantan, karena dalam beberapa minggu kemudian akan tumbuh tentakel baru. Demikian pula kalau kita melihat laba-laba yang kakinya buntung satu atau dua, tak perlu kita merasa iba, sebab kaki ini akan tumbuh kembali seperti semula.


Yang menarik adalah kemampuan autotomy dari kepiting dan lobster. Di kawasan Florida, Texas, Meksiko, Bahama, ada kepiting yang diberi nama stone crab (kepiting batu). Daging capitnya (claw) merupakan kuliner yang lezat. Oleh karenanya, kepiting batu ini oleh nelayan cukup diambil kedua capitnya dan kemudian dikembalikan ke air laut. Dalam beberapa minggu, capit ini akan tumbuh kembali seperti sedia kala. Panen capit kepiting batu Florida ini dilegalkan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Mei.


Autotomy di dunia margasatwa memang sangat unik dan mengagumkan. Tapi nasib dari hewan-hewan ini tak sama, seperti halnya pada lebah madu. Alih-alih mengalami regenerasi, dia malah tewas gara-gara menancapkan sengatnya pada manusia yang ingin memanen madunya.


Strategi bunuh diri dengan sengatan ini merupakan cara terbaik untuk melindungi sarang. Biasanya cara ini dilakukan oleh lebah madu pekerja. Sementara itu, lebah madu ratu memiliki sengatan halus yang bisa dipakai untuk beberapa serangan sehingga tidak harus mengorbankan diri dengan satu kali sengatan.



Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap komentar dengan kata-kata yang sopan dan bijak, dilarang berkomentar yang memuat unsur sara atau yang mengandung konten pornografi.

Trimakasih