Pages

Jumat, 05 Juli 2013

Madu dan Semut

 
  1. Penjelasan Madu Dan Semut
    Semut merupakan hama bagi lebah penghasil madu seperti yang pernah dijelaskan oleh Prof.Dr.D.T.H.Sihombing seorang guru besar IPB (Institut Pertanian Bogor) pada buku Ilmu Beternak Lebah Madu pada terbitan UGM Press tahun 1997 halaman 173, Bahwa "Menjadikan sebagai rantai makanan yang mengangkut madu,telur dan larva". Pendapat itu dikuatkan oleh RM. Sumo Prastowo dalam bukunya yang berjudul "Beternak Lebah madu Modern" halaman 203 yang isinya menjelaskan Semut membuat sarang dalam stup atau sangkar lebah dan menumpang makan disitu. sehingga kesimpulan dari peneliti lebah madu yanng cukup lama dapat kita simpulkan bahwa semut tetap suka madu.
          Ada yang berpendapat bahawa semut tidak menyukai madu, hal ini tidak berdasarkan fakta ilmiah yang dilakukan melalui penelitian dan hanya berdasarkan kabar burung, sehingga hanya menduga-duga saja tanpa melalui atau berdasarkan fakta ilmiah, sehingga tidak dapat diterima secara logika maupun akal sehat.
        Semut tidak menyukai madu karena beberapa faktor diataranya: 1) adanya proses fermentasi pada madu, sehingga terjadi pengasaman dan proses fermentasi alkohol, hal ini yang membuat semut tidak menyukai madu karen bau yang sangat menyengat.

   2. Pengkristalan Madu
        Madu dapat membentuk kristal pada ushu dingin atau berubah warna menjadi keputihan, hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa Dextrosa  pada madu, jika suhu dingin dexstrosa dapat menkristal atau membentuk kristal sesuai sifat zat tersebut.

   3. Cara Nenbedakan Madu Asli dan Madu Palsu
         Cara mengetahui madu asli atau palsu sebenarnya sangat sulit, karna perlu melakukan uji lab, tetapi biasanya orang mengetes madu asli atau palsu dengan cara sederhana diantaranya yaitu:
madu murni atau asli memiliki ciri sebagai berikut: 1) Aroma 2) Warna 3) Kekentalan 4) Garansi penjual, biasanya penjual madu asli sangat menjaga kepuasan konsumen,sehingga penjual akan memberikan garansi uang kembali atau mengganti uang dengan harga beberapa kali lipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap komentar dengan kata-kata yang sopan dan bijak, dilarang berkomentar yang memuat unsur sara atau yang mengandung konten pornografi.

Trimakasih