Pages

Jumat, 26 April 2013

Uniknya Lebah Madu

Lebah merupakan jenis serangga yang termasuk dalam familia Apidae dan ordo Hymenoptera (serangga bersayap bening). lebah ini sebagian besar hidupnya berkelompok. serangga jenis ini terdapat hampir di setiap belahan dunia yang di tumbuhi tanaman berbunga, dan di perkirakan jumlahnya mencapai 20.000 spesies,

  1. Fisiologi Tawon
         Lebah berbeda dengan tawon, kadang di masyarakat sering terjadi kekliruan yang menyamakan lebah itu sama dengan tawon, padahal lebah itu berbeda dengan tawon. Tawon adalah serangga penyengat yang hidupnya soliter dan bersifat karnivora (memangsa serangga lain), tawon jantan dan betina akan berkumpul menjadi satu pada masa akan kawin. 
           lebah tubuhnya ditumbuhi bulu-bulu halus yang berguna untuk menangkap serbuk sari yang diperoleh dari bunga-bunga yang sedang mekar, selanjutnya serbuk sari ini akan digunakan untuk makanan anaknya. 
          Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari propolis (perekat dari getah pohon) dan malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. 
Lebah memiliki kepala berbentuk segitiga, dengan matanya majemuk atau tunggal yang jumlahnya tiga buah, terletak di bagian atas kepala dan digunkan untuk melihat benda-benda yang jaraknya 1-2 cm. Mata majemuk terletak di kedua sisi kepala yaitu kiri dan kanan digunakan untuk melihat benda dengan jarak jauh 140 M. Mata majemuk pada lebah jantan berbeda dengan lebah ratu, pada lebah jantan ukuranya lebih besar dengan penglihatan yang sempurna, sedangkan pada lebah ratu ukuranya lebih kecil.

Sumber:
Sarwono. Lebah madu. 2000. Lebah Madu. Agro Media: Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap komentar dengan kata-kata yang sopan dan bijak, dilarang berkomentar yang memuat unsur sara atau yang mengandung konten pornografi.

Trimakasih