Pages

Rabu, 22 Januari 2014

Bentuk Komunikasi Lebah Madu



lebah madu, lebah, madu, serbuk sariTahukah kamu bahwa lebah madu melakukan sebuah komunikasi yang unik yaitu komunikasi yang dinamakan komunikasi kombinasi. komunikasi kombinasi merupakan gabungan dari beberapa bentuk komunikasi yang dilakukan oleh beberapa hewan (Komunikasi taktil, Komunikasi auditori dan Komunikasi visual). Sebelum itu perlu kita ketahui beberapa bentuk komunikasi yang dilakukan oleh hewan dengan sesama spesies atau jenisnya di alam.
Komunikasi kimia, menggunakan zat tertentu yang dihasilkan tubuh suatu species, zat ini hanya dikenali species tersebut. Sebagai contoh:
1.      Pheromone dari sekret mulut sebagai hasil dari glandula dalam perut serangga yang dikenali jantannya lewat antena.
2.      Cheetah dan jenis kucing lain memberi batas teritorial dengan kencing, feces, dan produk zat dari dari glandula anal.

Komunikasi Auditori, merupakan sebuah bentuk komunikasi antar sesama spesies hewan dengan menggunakan suara tertentu. Sebagai contoh:
1.      Kicauan burung  menarik pasangan, tanda bahaya, batas teritorial.
2.      Derik jangkrik
Komunikasi visual, menggunakan gerakan tertentu, postur tubuh, guratan pada pohon yang dapat dilihat individu lainnya. Sebagai contoh:
1.      Baboon jantan menunjukkan kekuasaannya dengan membuka mulut lebar-lebar
2.      Tarian burung cendrawasih jantan untuk menarik perhatian betina

Komunikasi Taktil, terjadi ketika satu individu menyentuhkan bagian tubuhnya ke bagian tubuh individu yang lain. Sebagai contoh:
1.      Anak burung menyentuhkan paruhnya ke paruh induknya sebagai tanda agar diberi makan.
Komunikasi Kombinasi adalah bentuk komunikasi yang dilakukan oleh sesama spesies hewan dengan menggabungkan beberapa bentuk jenis komunikasi (taktil, auditori dan visual), contohnya :
1.      Komunikasi yang dilakukan oleh lebah madu saat mencari serbuk sari.

Komunikasi lebah madu pertama kali diamati oleh Karl von Frisch pada tahun 1940. Sebuah tarian unik yang dilakukan oleh lebah madu  disebut Waggle Dance. Waggle Dance merupakan sebuah bentuk komunikasi visual yang dilakukan oleh lebah untuk memberitahu koloni lebah pekerja yang lain terkait posisi serbuk sari bunga. Dengan melakukan sebuah tarian atau goyangan yang membentuk angka delapan (8) dengan mengggunakan matahari sebagai sumber acuan sudut atau arah sasaran. Maka dengan cara ini lebah pekerja yang telah terlebih dahulu menemukan serbuk sari dapat memberitahukan para lebah pekerja lain, untuk mengetahui jarak sasaran (serbuk sari bunga) ditentukan oleh banyaknya jumlah goyangan.
Di dalam sarang lebah menunjukkan sudut dengan arah gravitasi. Misalkan mementuk sudut ke kiri 400 berarti arah sasaran 400 terhadap matahar, sedangkan saat Di luar sarang lebah menghadap lurus sasaran sumber madu sambil melakukan waggle dance dengan suara dengung matahari sebagai patokan.

Sumber: Bahan Kuliah Animal Behavior Biologi UAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap komentar dengan kata-kata yang sopan dan bijak, dilarang berkomentar yang memuat unsur sara atau yang mengandung konten pornografi.

Trimakasih