Pages

Sabtu, 27 April 2013

Lebah madu memiliki banyak manfaat

Lebah madu,,,sudah pasti hewan yang tidak asing lagi bagi kita.Lebah madu merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat bagi manusia dan termasuk kedalam ordo Hymenoptera. Lebah madu ini memiliki 3 pasang kaki,2 mata campuran disusun dari beribu-ribu lensa kecil, 3 mata sederhana di atas kepala, 2 pasang sayap, kantong madu, dan perut,lebah ini mampu mengepakkan sayap 11,400 kali per menit,lebah madu dapat terbang sejauh 6 mill dari sarangnya dengan kecepatan setara 15 mill per jam. Sepanjang hidupnya lebah terbang sejauh 90.000 mill atau setara dengan tiga kali keliling bola bumi hanya untuk mendapatkan satu pond madu,,,subhanallah perjuangan yang sangat menakjubkan. Namun pada saat ini jumlah lebah madu mengalami penurunan berdasarkan yang saya baca di situs VOA Indonesia tanggal 24 april 2012 yang berjudul Pakar Lebah AS Galang Upaya Atasi Penurunan Jumlah Lebah Madu Jika hal ini tidak dapat di atasi bisa jadi beberapa tahun kedepan lebah madu akan mengalami kepunahan. Hal ini tidak dapat dibiarakan mengingat lebah madu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Beberapa manfaat dari lebah madu yaitu :

1. Membantu dalam proses penyerbukan tanaman,hal ini sangat membantu dalam bidang pertanian untuk pengembangbiakan tanaman.

2. Lebah madu menghasilkan suatu zat cairan manis yang biasa kita sebut madu. Madu merupakan minuman yang banyak sekali manfaatnya. Kemanfaatan madu ini telah ada di dalam Al-Qur'an pada surat An Nahl (lebah madu)dalam salah satu ayatnya yaitu ayat 68-69 tertulis :

" Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir"
3. Sengatan lebah yang sangat berbahaya untuk membunuh musuhnya ternyata dapat menyembuhkan penyakit reumatik. Saya rasa masih banyak manfaat dari lebah madu ini. Adapun beberapa penyebab lebah madu mengalami penurunan jumlah,disebabkan karena jauhnya perjalanan yang dilakukan lebah-lebah itu untuk melakukan penyerbukan, hal itu memicu penyebaran penyakit lebah. Sebab lain adalah penyemprotan obat anti-serangga atau pestisida terhadap koloni lebah,selain itu dalam proses pengambilan madu di hutan dimanana untuk mengambil madu digunakan asap untuk mengusir koloni lebah madu dan membiarkan lebah tersebut pergi membuat sarang baru tanpa ada upaya pemeliharaan dan mengembangbiakannya.Sangat memprihatinkan.
Maka dari itu kita wajib memelihara dan mengembangbiakan lebah madu ini agar tidak punah,beberapa cara yang dapat digunakan yaitu :

1. Membuat tempat perkembangbiakan lebah madu.

2. Tidak menggunakan pestisida sebagai pembasmi serangga,coba beralih dengan menggunakan sistem predator alami agar tidak mempengaruhi jenis serangga lainnya yang bermanfaat.

3. Dalam pengambilan madu secara tradisional usahakan dalam proses pengambilannya tidak terus-menerus,hal ini untuk memberikan waktu bagi lebah madu melakukan perkembangbiakan dengan demikian populasi lebah madu tetap lestari. 

Untuk itu,tak ada lagi alasan menunda pemeliharaan lebah madu ini,jika kita memanfaatkannya berarti kewajiban kita adalah memeliharanya.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap komentar dengan kata-kata yang sopan dan bijak, dilarang berkomentar yang memuat unsur sara atau yang mengandung konten pornografi.

Trimakasih